. 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau - Metaltailaco Profesional Blogger Template -->

5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau

5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau - Hallo sahabat Metaltailaco Profesional Blogger Template, Pada Artikel yang anda baca ini dengan judul 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Informasi Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Selamat membaca.

Judul : 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau
link : 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau

Baca juga


5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau

Burung poksay merupakan salah satu jenis burung pengicau di Indonesia dan tergolong dalam keluarga familia Timaalidae. Burung ini ialah burung yang memiliki suara mumpuni dan terkenal dikalangan para pecinta burung, terutama penggemar burung kicau. Burung poksay memiliki aneka macam macam subspesies. Diantara banyak spesies, terdapat tiga jenis burung poksay yang banyak dipelihara oleh penggemar burung kicau, adalah :

1. Burung Poksay Mantel

Burung poksay banyak dijumpai di Indonesia, bahkan hingga semenanjung Malaysia. Burung ini juga dapat ditemui di Brunei Darussalam. Burung poksay mantel memiliki nama latin yakni Garrulax Palliatus, dan sering disebut sebagai Poksay Medan. Burung ini mempunyai bunyi yang amat keras, sehingga bila memelihara burung poksay mantel, harus dijauhkan dari burung-burung lain, karena dapat menciptakan stres burung lain dikarenakan suara yang keras dari burung ini.

Burung poksay betina dan jantan sukar untuk dibedakan secara fisik, alasannya fisik dari burung poksay jantan dan burung poksay betina sangat mirip. Perbedaannya yakni pada bunyi kicauan burung poksay jantan dan betina. Burung poksay betina memiliki bunyi kicauan yang tidak variatif, atau mampu dikatakan mempunyai suara yang monoton. Sedangkan untuk burung poksay jantan mempunyai suara yang lebih bermacam-macam dengan bunyi kicauan yang lantang.

2. Burung Poksay Genting

Burung poksay genting mempunyai kemiripan dengan poksay hongkong. Burung ini dapat ditemui di pasar burung Indonesia. Selain di Indonesia, burung ini juga dapat ditemui di Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam. Burung ini membutuhkan perawatan yang terorganisir dan konsisten, sehingga mampu menghasilkan suara kicauan yang bagus. Namun burung ini memiliki bunyi kicauan yang kurang bermacam-macam daripada burung poksay mantel.

Lihat Juga : Cara merawat Anakan Burung LoveBird

Hampir semua jenis burung poksay susah untuk dibedakan menurut fisiknya. Burung poksay genting sendiri dibedakan menurut suara, sama dengan poksay mantel. Burung poksay genting betina cuma mengeluarkan suara panggilan saja. Burung poksay genting ialah burung yang sungguh aktif dan atraktif. Oleh karena itu, kandang yang digunakan untuk burung ini harus kuat. Kandang untuk burung poksay genting cukup diberikan satu batang kayu saja untuk bertengger.

3. Burung Poksay Sumatera

Burung poksay sumatera memiliki jambul yang tidak menonjol . Burung poksay sumatera tersebar di Pulau Sumatera saja. Keberadaannya sudah sungguh terbatas dikarenakan penangkapan liar yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Perawatan burung poksay sumatera nyaris sama dengan jenis burung poksay yang lain. Hanya saja mesti lebih mengamati beberapa hal supaya burung dapat berkicau.

Perawatan Burung Poksay Supaya Rajin Berkicau

Agar bunyi burung dapat berkicau dengan baik, maka perlu melakukan perawatan burung secara berkala dan benar. Berikut ialah beberapa cara yang dapat dikerjakan untuk memelihara burung poksay, baik poksay mantel, poksay genting, poksay sumatera, dan burung poksay lainnya :
  1. Buatlah kandang dengan ukuran yang agak besar semoga burung poksay lebih dapat bergerak dengan baik, sebab berbagai macam burung poksay mempunyai sifat yang aktif dan atraktif.
  2. Tenggeran yang ada di dalam sangkar tidak terlampau banyak, diusulkan untuk meletakkan hanya satu tenggeran saja. Dikarenakan burung poksay gemar untuk berpindah-pindah kawasan untuk bertengger.
  3. Pakan yang diberikan mampu berbentukbuah-buahan, mampu juga berbentukjangkrik maupun ulat bambu. Pemberian pakan dihentikan berlebihan, yakni 3 jangkrik pada pagi dan sore hari. Dan ulat bambu sebanyak 1-2 ekor untuk setiap harinya.
  4. Kondisi burung poksay harus senantiasa bersih dan sehat, terutama bulu-bulunya.
  5. Asupan nutrisi burung poksay harus sesuai. Yaitu pakan harian, multivitamin, multimineral dan tambahanfooding (EF).

Itulah cara perawatan burung poksay yang dapat kami sampaikan hari ini, supaya berguna dan berguna bagi seluruh kicau mania yang membaca postingan di atas.


Demikianlah Artikel 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau

Sekian tutorial 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak

Anda sekarang membaca artikel 5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau dengan alamat link https://www.metaltailaco.my.id/2021/08/5-cara-perawatan-burung-poksay-supaya.html
logo
Smart Blogging - Blogger Gila Yang Suka Berbagi.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Twitter
  • Youtube
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    0 Response to "5 Cara Perawatan Burung Poksay Supaya Tekun Berkicau"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel