. Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental - Metaltailaco Profesional Blogger Template -->

Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental - Hallo sahabat Metaltailaco Profesional Blogger Template, Pada Artikel yang anda baca ini dengan judul Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Selamat membaca.

Judul : Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental
link : Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Baca juga


Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Ketika Anda sedang merasa stres, kesal, duka, kecewa dan mengalami hal-hal yang menyedot emosi, tenaga dan juga fikiran, tentunya Anda ingin melaksanakan sesuatu untuk meluapkan emosi tersebut. Sebagian orang akan melampiaskannya dengan cara memaki, memukul, memecahkan barang di sekitarnya dan sebagainya. Nah, sedangkan katarsis menentukan untuk mempertahankan kesehatan mental dengan meluapkan emosi secara konkret yang tidak merugikan orang lain. Untuk lebih jelasnya. Simak ulasan berikut.


Apa Itu Katarsis?

Katarsis artinya sebuah perjuangan yang mampu dijalankan untuk mengungkapkan emosi yang sedang dirasakan terhadap hal faktual. Melalui cara ini dapat menjadi fasilitas pelepasan ketegangan dan kecemasan yang sedang dirasakan.

Apa Saja Contoh Katarsis?

Katarsis tidak cuma dijalankan selama kurun terapi, tetapi juga bisa dikerjakan di luar itu. Berikut teladan katarsis yang bisa dicoba:

1. Olahraga

Aktivitas fisik yang satu ini merupakan salah satu pelepasan emosi yang cukup baik. Bukan hanya mampu menolong tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu menciptakan Anda merasa lebih baik, olahraga juga mampu menciptakan kondisi fisik menjadi lebih sehat sehingga mendapatkan kesehatan jiwa dan raga.

Ada beragam opsi olahraga yang mampu dicoba, mulai dari yang memerlukan tempat khusus, sampai yang minim ongkos. Melakukan olahraga minimal 30 menit dalam  lima hari dapat menolong meredakan tanda-tanda frustasi.

2. Bernyanyi

Bernyanyi senantiasa dikaitkan dengan seni, tetapi ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Berdasarkan postingan yang diterbitkan oleh National Geographic menyampaikan bahwa bernyanyi mampu memberikan imbas lega dan melepaskan stres terutama jikalau dikerjakan secara berkelompok.

Untuk melaksanakan acara ini tidak harus memiliki bunyi bagus, yang perlu Anda kerjakan hanya bernyanyi dengan sepenuh hati sehingga akan mendapatkan sensasi lega setelahnya.

3. Mendengarkan Musik

Musik sejak usang telah dikenal selaku cara bagi seseorang untuk melepaskan emosi dalam dirinya, bahkan selaku bentuk sebuah pengalaman emosional. Ketika Anda sedang bersedih lalu mendengarkan lagu murung akan menciptakan merasa lebih baik setelahnya. Proses inilah yang disebut katarsis alasannya perasaan duka yang dirasakan mampu dilepaskan dan membuka jalan bagi perasaan-perasaan yang lebih nyata.

Sebuah observasi menyebutkan bahwa menyimak musik dapat menjadi cara yang efektif dalam menghadapi stres sehingga dapat menenangkan fikiran dan menyebabkan relaksasi.

Selain itu, mendengarkan musik juga mempunyai pengaruh terhadap respons stres manusia, khususnya pada metode saraf otonom. Artinya, orang yang mendengarkan musik condong lebih cepat pulih dari stres.

3. Memukul Samsak

Pembersihan rasa amarah akhir stres termasuk ke dalam katarsis. Salah satu cara yang bisa dijalankan yakni dengan melampiaskan  lewat samsak mirip karung tinju, dan bantal.

Dari hasil penelitian bahkan menyebutkan bahwa tinju dapat menolong seseorang yang mengalami persoalan pada kesehatan mentalnya. Hal ini dapat menolong mengeluarkan hormon endorfin, dan dapat mengalihkan fokus dari stres dan beban mental yang dicicipi.

5. Menulis

Menulis termasuk katarsis yang bersifat terapeutik. Bahkan psikolog sering menyarankan pasien untuk menulis sebagai cara terapi. Selain itu, menulis juga mampu menolong melepaskan banyak sekali perasaan negatif, memajukan fungsi kognitif, menurunkan gejala radang sendi, asma, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya, tuliskan tentang perasaan yang sedang dirasakan baik rasa emosi, sedih hingga Anda merasakan kelegaan. Atau bila perlu Anda bisa eksklusif berkonsultasi pada dokter yang telah terlatih di Halodoc terkait stres yang sedang dicicipi.

Itulah penjelasan mengenai katarsis untuk menangani gangguan kesehatan mental. Semoga berfaedah bermanfaat untuk kita semua.


Demikianlah Artikel Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Sekian tutorial Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Dan jangan lupa share tutorial ini agar semakin berguna bagi orang banyak

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental dengan alamat link https://www.metaltailaco.my.id/2021/08/mengenal-katarsis-acara-untuk-mengatasi.html
logo
Smart Blogging - Blogger Gila Yang Suka Berbagi.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Twitter
  • Youtube
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    0 Response to "Mengenal Katarsis, Acara Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel